Kamis

Problem ROM A11w

tanpa basa basi saya jelaskan mengapa ROM atau internal pada joy 3 a11w cepat penuh padahal aplikasi yang diinstal tidak banyak.
dengan internal yang hanya 4 GB dan 2 GB lebih sudah terpakai oleh system dan aplikasi pabrik, pengguna oj3 hanya diberi tak sampai 2GB untuk menyimpan data dan aplikasi pada ponselnya, dan membuat pengguna oj3 kebingungan harus berhemat ria agar internalnya bisa dipakai berbagai macam data dan aplikasi.

meski aplikasi yang kita instal di eksternal/MemorySD tapi mengapa internal pada ponsel kita makin bertambah penuh. berikut saya jelaskan menurut pengetahuan saya.
saya contohkan pada aplikasi firefox, walaupun aplikasi kita instal di SD tentunya tidak semua masuk ke SD, 45% masih ke internal dan membuat ruang pada internal makin penuh, jika ada pertanyaan "mengapa masih masuk ke internal padahal di instal ke eksternal?" file yang tersimpan di internal adalah file yang berisi kode, riwayat, sampah pada aplikasi tersebut, tanpa file itu suatu aplikasi tidak akan berjalan, jika file tsb rusak, error maka aplikasi tsb akan menolak untuk memproses dan biasanya "sayangnya aplikasi anda telah berhenti".
tapi tak perlu kwatir dengan internal yang mini tapi masih bisa menginstal beragam aplikasi yang kita inginkan, dengan cara memorySD sebagai pengganti internal kita.
syarat dan bahannya sbb :
1. ponsel anda harus di root.
2. partisi SD kita dengan tujuan memindahkan data yang tersimpan di internal ke SD.
 - anda bisa menggunakan aplikasi Minitool(via PC), Aparted (via ponsel)
3. aplikasi untuk memindahkan data ke SD dengan Link2SD.

setelah anda selesai melakukan proses  partisi, aplikasi anda bisa dipindahkan ke SD seperti aplikasi firefox ini.


untuk tutornya cara root, minitool, anda bisa cari sendiri :D
tutor partisi dengan Aparted anda bisa lihat disini
dan tutorial  link2sd bisa lihat disini
terimakasih

17 komentar:

  1. TERIMA KASIH ATAS INFONYA

    BalasHapus
  2. Setelah joy 3 saya service, kata petugasnya mesin / dalamnya harus diganti. Setelah selesai kok internal saya jadi 12 gb?

    BalasHapus
  3. Joy 3 s memang 16 GB internal njirrr :v

    BalasHapus
  4. Kok gua internal cuma 2 gb

    BalasHapus
  5. eMMC atau kata servicer "ganti mesin" itu biasanya di upgrade. RAM dan ROM nya bisa bertambah kok...

    BalasHapus
  6. Oppo joy saya kog ram512 ya?

    BalasHapus
  7. Oppo joy saya kog ram512 ya?

    BalasHapus
  8. Pnya saya 16g oppo joy 3s, tapi error sering muncul sayangnya setelan berhenti, saya coba soft reset dan hard reset dan kembalikan setelan pabrik tetep tidak bisa, alhasil sekarang playstore tdk berfungsi, WA tdk bisa, suruh setel tanggal tapi tetep tdk bs WA, tombol home dan recent tdk bs, tapi klo tahan tombol home bisa kluar Google pencarian, pada menu setelan tidak ada beranda atau rumah hilang, mohon solusinya para suhu dan admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat di bawah cara caranya gan

      Hapus
    2. Lihat di bawah cara caranya gan

      Hapus
  9. Download apk frimware gan itu membentuk zip dan kalo sudah selesai download frimwarenya pindahkan zip tersebut ke dalam kartu sd yang mudah anda ingat kalo sudah di pindahkan matikan hpnya terus tekab tombol volume bawah,tombol power tunggu sampai ada tulisan di bawah seperti mau stel ulang pabrik kalo sudah muncul kalian pilih dalam bahasa inggris terus ada tilisan wipe data kalian klik aja nanti ada tulisan wipe data and chace terus kalian klik kembali lalu kalian pilih paking atas terus pilih kartu sd dan selanjutnya kalian cari frimware yang sudah kalian pindahkan ke kartu sd lanjut kalo sudah kalian tunggu sampai selesai kalo sudah selesai kalian klik tombol reboot hasil akhir hp kalian bagus kembali dan tidak ada kata bootlop pembaruan sistem dan dan kalian tidak perlu lagi software hp kalian
    Kalo kalian gk percaya buktinya hp saya gan ho saya joy 3 ram 1 gb rom 4 gb thanks smoga bermanfaatnya karna manusia harus saling membantu dan membahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link frimware. https://oppo-id.custhelp.com/app/software_update_detail/p_name/Joy%203

      Hapus